Rabu, 25 Juli 2012

Manfaat Air Dingin



Berbagai Manfaat Air Dingin



Air, sebuah kesegaran alami yang baik untuk menjaga kesehatan dan kesegaran semua makhluk hidup. Anda tentu sudah tahu bahwa 80% tubuh manusia terdiri dari air, oleh karena itu kita sangat memerlukan air sebagai penopang kehidupan. Dan ternyata, manfaat air tidak hanya kita peroleh pada saat meminumnya. Ada beberapa manfaat air dingin yang berguna untuk menjaga kesehatan Anda selain dengan meminumnya.

1. Air Dingin Redakan Stres

Seperti yang tercantum pada artikel Bahagia Membuat
 Sehat Dan Panjang Umur, maka Anda harus menjauhkan stres dari hidup Anda. Salah satu cara ampuh untuk mengurangi stres yang menyerang Anda adalah dengan air dingin.

Seperti tertulis dalam situs BNet, untuk mengatasi rasa gugup dan stres, Anda bisa mengatasinya dengan membasuh wajah atau memberi cipratan pada wajah Anda dengan air dingin. Cara ini dapat membuat air dingin yang mengenai wajah Anda mengatur ulang suhu tubuh agar tetap stabil, memperlambat denyut jantung yang tidak stabil dan mengurangi kecemasan dengan segera.

2. Air Dingin Membuat Rambut Bersinar

Rambut yang bersinar menandakan bahwa helai rambut Anda sehat dan mendapat nutrisi yang cukup. Cara alami tentu lebih baik daripada Anda mewarnai rambut tersebut agar lebih bersinar. Caranya? Mencuci rambut dengan air dingin.

Hal tersebut pernah tertulis dalam Harper’s Bazaar . Mencuci rambut dengan air dingin akan membuat kutikel rambut terkunci sempurna, melembutkan rambut dan memberi efek berkilau alami. Karena itulah selalu ada tombol 'cool' pada hairdryer. Itu agar membuat rambut Anda yang basah tetap terjaga kilaunya dengan suhu yang rendah.

3. Air Dingin Bisa Menurunkan Berat Badan

Sekalipun hal ini sering memicu perdebatan para ahli, tetapi situs Fit & Health menuliskan bahwa benar mengonsumsi air dingin dapat membantu tubuh membakar kalori lebih banyak dibandingkan mereka yang kurang minum. Bila Anda sedang dalam rangka sedang menurunkan berat badan, mengonsumsi air dingin dapat membakar setidaknya 70 kalori per hari.

4. Air Dingin Pertolongan Pertama Luka Bakar

Luka bakar adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dan dapat terjadi pada siapapun. Anda bisa saja mengalami luka bakar saat tidak sengaja menyentuh oven panas, setrika, atau knalpot sepeda motor. Untuk pertolongan pertama, Dr. Sear yang menjadi pemilik situs Askdrsears menyarankan agar Anda merendam luka bakar tersebut dalam air dingin. Jika tidak bisa direndam, letakkan luka bakar di bawah siraman air dingin yang mengalir selama 20 menit.

5. Air Dingin Untuk Mengurangi Pembengkakan Otot

Bergantian menggunakan air panas dan air dingin mandi memakai shower dapat meningkatkan sirkulasi darah. Air hangat yang mengenai kulit Anda akan membuat aliran darah lebih deras sebagai efek alami untuk melindungi organ tubuh Anda. Sedangkan air dingin akan mendorong darah untuk membuat organ tubuh Anda tetap hangat.

Mandi dengan air dingin telah menjadi rahasia para atlet untuk menjaga kesehatan otot mereka setelah berolahraga dan berlatih. Mereka bahkan cukup berani untuk masuk ke dalam bak yang telah diisi air dingin yang dicampur es. Hal tersebut bertujuan untuk memulihkan otot dan mengurangi pembengkakan yang terjadi selama berlatih.

Banyak manfaat air sebagai penunjang kehidupan. Karena itu, selalu sediakan air segar, sehat dan jangan lupa untuk menjaga agar persediaan air di Bumi bisa kita wariskan untuk generasi mendatang. Caranya? Memanfaatkan air bersih dengan efisien dan tidak membuang sampah/limbah pada aliran sungai dan perairan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar